Mengenal Jenis Pemupukan Bibit Anggur - Jual Bibit Murah

Koleksi Agro

Selasa, 19 Agustus 2014

Mengenal Jenis Pemupukan Bibit Anggur

Tahapan Pemupukan Bibit Anggur - Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa cara merawat pohon Anggur agar memiliki kualitas dan produktivitas tumbuh yang tinggi, yaitu selain penggunaan media tanah bercampur pupuk kandang dan kompos, kita juga perlu mensuplai pupuk tambahan sebagai nutrisi pendukung.
Menggenal Jenis Pemupukan Bibit Anggur

Namun, perlu diperhatikan bahwa tahap pemupukan hanya dapat dilakukan minimal setelah pohon Anggur berumur 2 bulan ke atas. Karena jika belum mencapai usia tersebut, sangat dipastikan tanaman Anggur akan mati secara total.

Apabila pohon Anggur Anda masih berusia di bawah 2 bulan atau baru saja melalui proses penanaman, maka ada sedikit kiat dan cara merawat pohon Anggur yang bisa Anda terapkan secara rutin pada tanaman tersebut. Kiat paling utama yang perlu dilakukan adalah penyiraman secara teratur dan rutin pada tanaman. Semua pohon Anggur, baik ditanam pada lahan terbuka maupun di dalam media pot, pada umur di bawah 2 bulan akan lebih banyak mengkonsumsi air dibandingkan pada usia remaja hingga dewasa. 
 
Hanya saja, meskipun Anda perlu menyiramnya setiap hari, namun penyiraman yang dilakukan harus sangat terkontrol. Selalu perhatikan kadar air pada media tanaman, jangan sampai terjadi penggenangan air (becek) yang sangat beresiko terjadinya pembusukan akar dan batang Anggur. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh tingkat keporosan media tanam yang digunakan. Semakin poros media tanam, maka semakin baik juga bagi pertumbuhan akar tanaman. Lakukan rasio penyiraman rutin tersebut hingga tanaman menginjak usia 2 bulan.

Berbeda lagi cara merawat pohon Anggur yang telah mencapai usia di atas 2 bulan. Pada usia tersebut, tanaman sudah mulai mengurangi konsumsi air dalam tanah. Untuk itu, Anda pun diwajibkan mengurangi frekuensi penyiraman, yang sebelumnya dilakukan setiap hari, kini Anda hanya perlu melakukannya setiap 2 hari sekali.

Frekuensi penyiraman tersebut diterapkan untuk jangka panjang, hingga tanaman tidak sanggup hidup lagi / seumur hidup. Itulah kiat perawatan yang bisa Anda lakukan dari sektor penyiraman. Selain itu, pada usia tersebut juga tanaman Anggur telah siap mengkonsumsi pupuk kemasan yang sangat mendukung pertumbuhannya secara efektif dan cepat. Ada beberapa jenis pupuk organik dan non-organik yang sangat mendukung dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas pada daya tumbuh tanaman Anggur. Secara umum, cara merawat pohon Anggur pada tahap pemupukan, baik yang ditanam pada media pot maupun lahan terbuka, masing-masing tidak memiliki perbedaan terkait jenis pupuk yang digunakan.

Semua jenis pupuk *khusus tanaman Anggur* sangat efektif dalam meningkatkan pertumbuhan bagi kedua model penanaman tersebut. Di bawah ini terlampir beberapa jenis pupuk yang bisa diandalkan untuk pohon Anggur kesayangan Anda beserta prosedur pemakaiannya.

Pupuk Urea
Pupuk ini digunakan untuk tanaman Anggur berusia 2 – 6 bulan. Dosis yang diberikan terbagi menjadi 2 tahap, yakni 10 gram setiap 10 hari sekali pada usia 2 – 3 bulan. Dan dosis 15 gram setiap 15 hari sekali pada saat berusia 3 – 6 bulan. Kandungan yang terdapat pada pupuk Urea sangat membantu dalam mensuplai nutrisi dan mineral yang dibutuhkan oleh tanaman Anggur. Sehingga, pertumbuhan Anggur akan jauh lebih cepat dan bermutu.

Pupuk NPK
Digunakan apabila usia Anggur telah mencapai 6 bulan ke atas. Dosis yang diberikan yaitu 10 gram setiap 15 hari sekali. Jenis pupuk NPK terbagi menjadi beberapa varian. Belilah jenis NPK Lengkap, dimana kandungan yang terdapat pada pupuk sudah sangat kompleks untuk memenuhi asupan nutrisi pada pohon Anggur.

Pupuk Midori
Pupuk ini merupakan jenis pupuk majemuk organik yang dikemas dengan bentuk butiran / granular. Dengan pupuk Midori, tanaman Anggur akan memiliki kinerja fotosintesa yang jauh lebih optimal dan prima. Sehingga, pertumbuhan Vigor akan cukup baik serta peningkatan daya tumbuh yang semakin cepat. Beberapa tutorial cara merawat pohon Anggur biasanya tidak terlepas dari pupuk jenis ini.

Pupuk Akai
Tidak berbeda jauh dengan pupuk Midori, pupuk jenis ini diproduksi dalam bentuk butiran / granular dengan bahan dasar full-organik. Hanya saja, pada pupuk Akai terkandung beberapa senyawa khusus yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja pengangkutan nutrisi dari akar ke seluruh jaringan tanaman, hingga ke bagian cluster-cluster buah Anggur. Seperti yang kita ketahui, bahwa tanaman Anggur akan memerlukan tenaga yang sangat ekstra dalam menghasilkan buah, yakni sejak pertama kali memunculkan bunga hingga masa pematangan buah.

Oleh sebab itu, diperlukan energi pendukung yang mampu menjaga kestabilan tanaman agar hasil buah yang diproduksi memiliki kualitas dan kuantitas yang optimal. Salah satunya yaitu menggunakan pupuk Akai ini. Secara garis besar, penggunaan pupuk Midori dan Akai sangat dianjurkan. Bahkan, banyak sekali materi dan tutorial cara merawat pohon Anggur saat ini telah merujuk kepada kedua jenis pupuk tersebut sebagai jenis pupuk paling efektif dan kompeten dalam menghasilkan Anggur berkualitas dan bermutu.