Cara Menanam dan Memupuk Bibit Anggur - Jual Bibit Murah

Koleksi Agro

Selasa, 19 Agustus 2014

Cara Menanam dan Memupuk Bibit Anggur

Cara Menanam dan Memupuk Bibit Anggur - Menanam tanaman buah anggur tentu bukan perkara muda, karena ada beberapa tahap persiapan dalam menanam bibit anggur. Untuk itu kami berikan artikel berikut yang berasal dari Sumber: http://www.daunku.com/cara-merawat-pohon-anggur-tahap-pemupukan/ , berikut Tahap Persiapan dalam menanam bibit anggur.

Jual Bibit Anggur Murah: Rp. 5.000,-
1.  Bibit Anggur Siap Tanam
Sebelum ke tahapan cara menanam Anggur dalam pot, hal pertama yang perlu dilakukan adalah tahap persiapan tanam. Persiapan paling mendasar yang harus dilakukan adalah menyiapkan bibit Anggur siap tanam dengan kesehatan dan kualitas tumbuh yang baik. Anda bisa membelinya langsung di toko-toko tanaman atau nursery terdekat di kota Anda. Namun apabila tidak ada, bisa juga membeli dari penjual di luar kota. Untuk yang satu ini DaunKu sarankan jangan asal beli. Ada baiknya Anda membeli bibit Anggur yang masih berupa batang segar untuk ditanam secara stek batang.

Mengapa begitu? Ketika Anda menanam bibit Anggur sejak tahapan semai (stek batang) hingga tahap pembesaran di rumah Anda, maka tanaman Anggur tersebut akan sangat akrab dengan kondisi geografis dan lingkungan di rumah Anda. Sehingga, daya tahan tanaman terhadap berbagai faktor geografis dapat jauh lebih kuat dibandingkan dengan Anda menanam bibit Anggur yang proses penyemaiannya (stek batang) di kota lain, misalnya Anda membeli bibit siap tanaman dari penjual di kota lain. Karena, bibit tersebut tentu harus beradaptasi kembali dengan lingkungan alam di rumah Anda.

Dalam proses adaptasi tersebut, biasanya pertumbuhan Anggur akan menjadi lambat dan mudah terserang penyakit. Cukup buruk, bukan. Untuk itu, tanamlah bibit Anggur dari proses semai atau stek hingga tahap pembesaran sepenuhnya di kebun atau pekarangan rumah Anda.

2.  Media Tanam dan Pot
Persiapan selanjutnya adalah menyediakan media tanam berupa campuran tanah – pasir – pupuk kandang (1:1:1). Pastikan bahwa tidak ada serangga maupun tumbuhan (jamur, rumput, dsb) pada media tanam tersebut. Sehingga, media tanam harus benar-benar bersih dan terhindar dari segala materi pengganggu yang dapat merusak pertumbuhan akar tanaman Anggur dikemudian hari.

Sementara untuk pot-nya, gunakan pot dari bahan-bahan yang kuat seperti; belahan drum, pot semen, atau pot plastik dengan ukuran yang tebal. Pot harus berbahan kuat karena tanaman Anggur nantinya akan diletakkan pada area full panas matahari dan tidak terlindung dari guyuran hujan. Sehingga, apabila pot mudah rusak atau pecah, tentu tidak akan mampu bertahan lama akibat sengatan panas matahari dan guyuran air hujan.

3.  Furadan 3G
Belilah insektisida ini untuk menjauhkan tanaman Anda dari serangan hama yang merusak.

4.  Pupuk Urea atau NPK
Belilah salah satu dari kedua jenis pupuk ini untuk keperluan beberapa bulan kedepan.

5.  Kawat Besi
Siapkan kawat berbahan besi anti karat yang nantinya digunakan untuk membuat para-para rambat tanaman Anggur.

6.  Gunting Pemotong Ranting
DaunKu menganjurkan Anda untuk menyiapkan gunting pemotong ranting yang bisa dibeli di toko-toko tanaman terdekat di kota Anda. Karena, nantinya Anda akan sering melakukan pemangkasan secara rutin pada cabang-cabang sekunder tanaman.

Apabila ke-6 persiapan di atas telah direalisasikan, maka langkah selanjutnya adalah proses cara menanam Anggur dalam pot sesuai dengan judul tulisan ini.

Tahapan Cara Menanam Anggur Dalam Pot
Di bawah ini adalah panduan sederhana cara menanam Anggur dalam pot yang mudah. Silahkan dipelajari!

1.  Pertama-tama, masukkan seluruh media tanam berupa campuran tanah – pasir – pupuk kandang (1:1:1) ke dalam pot hingga terisi penuh, diikuti dengan menanamkan bibit Anggur siap semai yang telah disiapkan pada bagian tengah-tengah pot. Dan siramlah hingga seluruh media dalam pot basah atau lembab.

2.  Kemudian, buatlah para-para dari kawat besi dengan cara membuatnya seperti jaring-jaring kotak melingkari sisi pot. Anda bisa curahkan segala kreatifitas membuat para-para di sini. Sesuaikan dengan selera Anda saja.

3.  Lalu berikan insektisida Furadan 3G di sekeliling pot, supaya tidak ada hama yang datang dan merusak. Sebenarnya sampai poin ke-3 ini sudah merupakan akhir dari cara menanam Anggur dalam pot. Namun supaya lebih lengkap, DaunKu beri sedikit tambahan terkait cara perawatan pohon Anggur pada 2 poin di bawah ini:

a.  Setelah usia tanaman di dalam pot mencapai kurang lebih 1 bulan, maka berikan pupuk urea atau NPK seimbang sebanyak 1 sendok makan yang dicampur air sekitar 1 liter. Kemudian disiramkan di sekeliling tanaman. Proses pemupukan ini dijadwalkan setiap 15 hari sekali.

b.  Ketika batang primer dan cabang-cabang sekunder telah melampaui tinggi para-para, maka lakukan pemangkasan dengan menggunakan gunting potong tanaman. Lakukan secara rutin ketika tanaman dalam kondisi yang telah disebutkan tersebut.

c.  Sementara untuk tahapan pembuahan tanaman Anggur, telah DaunKu rangkum dalam ulasan di bawah ini:

Tips Pohon Anggur Cepat Berbuah
Itulah panduan cara menanam Anggur dalam pot yang mudah dan sederhana. Semoga dapat membantu dan menjadi referensi pembaca semua. Selamat mencoba!